Pemkab Mura Kunjungi Puslitkakao Indonesia Hasilkan Penguatan Ekonomi Warga


Puruk Cahu -Pemerintah Kabupaten Murung Raya melakukan kunjungan ke Pusat Penelitian Kopi dan Kakao (Puslitkoka) Indonesia PT. Riset Perkebunan Nusantara yang berada di Kabupaten Jember, Provinsi Jawa Timur pada Jum’at (12/7/2024).

Yang dipimpin langsung oleh Penjabat (Pj) Bupati Murung Raya Hermon beserta dengan Kepala OPD, Camat dan jajaran lingkup Pemkab Murung Raya.

Kedatangan mereka pun disambut baik oleh Kepala Penelitian Kopi dan Indonesia Dini Astika Sari beserta dengan anggota Puslitkoka lainnya.

“Tujuan kita berkunjung ingin menjalin kerjasama dengan Puslitkoka dalam rangka pengembangan tanaman kopi dan kakao di Kabupaten Murung Raya terlebih untuk menguatkan ekonomi masyarakat,” kata Pj Bupati Murung Raya.

Sementara itu, Kepala Puslitkoka Dini Astika Sari mengatakan sangat mengapreasiasi atas kedatangan Pj Bupati Murung Raya beserta rombongan.

“Hari ini kami ingin membagi semangat kepada bapa dan ibu yang hadir, karena kopi dan kakao sekarang ini menjadi komoditas yang sangat strategis dengan harga yang cukup tinggi karena stok kopi dan kakau dunia berkurang banyak,” kata Kepala Puslitkoka

Dan ia berharap Indonesia salah satunya Kabupaten Murung Raya bisa menjadi stok surplus dimana petani rakyat punya semangat menanam kakao dan kopi dengan harga yang luar biasa.

Disisi lain Hermon menyatakan pihaknya sangat serius dengan kerjasama ini sehingga pihakya membawa banyak penjabat lingkup Pemkab Murung Raya sebagai bentuk komitmen dan ia ingin kedepannya ada kerjasama tindak lanjut yang dilakukan dengan Puslitkakao Kabupaten Jember.

“Kami sangat berharap dukungan agar Kabupaten Murung Raya berkembang dalam penguatan ekonomi masyarakat pada bidang tanaman kopi dan kakao serta ada pendampingan dari Puslitkakao yang bisa datang ke tempat kami disana,” tuturnya.

Dimana Hermon menyatakan bahwa dari luas Kabupaten Murung Raya 23.700 km² maka pihaknya siap menyiapkan lahan, anggaran, petani, dan ia mengatakan salah satu yang sangat diperlukan adalah bibit kakao dan Kopi yang sesuai dengan lokasi lahan di Murung Raya

Terlebih Kabupaten Murung Raya berbatasan langsung dengan Ibu Kota Nusantara (IKN) yang tengah dibangun saat ini, Maka dari itu ia berharap Puslitkoka nantinya bisa datang ke Kabupaten Murung Raya untuk melakukan pendampingan.

Menyikapi yang disampiakan oleh Pj Bupati Murung Raya Kepala Puslitkoka menyatakan pihaknya Puslitkoka siap untuk melakukan pendampingan baik itu pemetaan lahan, membina petani di Murung Raya dan lain sebagainya kedepannya nanti.

Dan ia mengajak Pemkab Murung Raya untuk memperjuangkan kembali komoditas kopi dan kakao termasuk apapun yang dibutuhkan oleh Kabupaten Murung Raya.(Red)
Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال