MoU Ditandatangani Oleh Pemkab Mura Tanda Terjalin Kerjasama Dengan Puslitkoka Indonesia


Puruk Cahu -Pemerintah Kabupaten Murung Raya menjalin kerjasama dengan Pusat Penelitian Kopi dan Kakao (Puslitkoka) Indonesia PT. Riset Perkebunan Nusantara Kabupaten Jember, Provinsi Jawa Timur untuk Pengembangan kopi dan kakao

Kerja sama yaitu tentang pembangunan daerah Murung Raya di bidang penyediaan benih, pemberdayaan masyarakat, pengolahan dan pemasaran kopi dan kakao.

Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) sebagai tanda terjalinnya kerjasama yang diteken langsung oleh Bupati Murung Raya Hermon dan Kepala Penelitian Kopi dan Indonesia (Puslitkoka) Dini Astika Sari, di gedung Puslitkoka Kabupaten Jember, Jum’at (12/7/2024).

“Tujuan Kesepakatan bersama adalah untuk mengoptimalkan pengelolaan potensi dan
sumber daya perkebunan kakao dan kopi secara efektif dan efisien guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” Kata Pj Bupati

Melalui Kerjasama (MoU) dengan Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia di Kabupaten Jember kali ini Hermon mengatakan sebagai bukti bahwa Kabupaten Murung Raya serius dalam mengembangkan kakao dan diharapkan dapat menjadi daerah sentra produksi kakao di Provinsi Kalimantan tengah

Setelah penandatanganan MoU ini Pj Bupati Murung Raya Hermon minta dilanjutkan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan pihak Puslitkakao Indonesia nanti kedepannya lagi.

Adapun tujuh point yang disepakati yaitu pertama penetapan lokasi penyediaan perbenihan kakao, kedua penyusunan dan penguatan regulasi perlindungan lahan perkebunan kakao berkelanjutan, ketiga penerapan teknologi budidaya perkebunan kakao yang modern dalam rangka optimalisasi produksi.

Dan ke empat penyediaan dan rehabilitasi prasarana perkebunan kakao kelima penyediaan sarana produksi dan alat mesin pengolahan kakao ke enam pembinaan pemberdayaan kelompok tani berbasis korporasi terakhir ke tujuh dukungan lemasaran dan penyerapan hasil produksi dengan harga yang wajar.(Red)
Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال